Select Page

KJ – Akhir-akhir ini tingkat penggunaan internet dan digitalisasi semakin meroket menjadi sesuatu yang mendominasi dalam berbagai hal, ditambah dengan situasi pandemi COVID19, pembatasan aktivitas dan mobilitas menambah semakin pentingnya IT seperti internet, gadget, kuota dan lainnya.

Berbagai aktifitas pelan-pelan mulai bepindah yang dari serba manual menjadi serba digital dan online, pelayanan publik dan berbagai transaksi keuangan, ini juga mengubah cara belajar dan mengajar. Situasi ini tidak hanya terjadi di kota besar, situasi ini juga terjadi di desa-desa terpencil di seluruh Indonesia, situasi ini juga terjadi di seluruh dunia.

Di Desa juga sangat terasa perubahan ini, desa terutama Pemerintahan Desa mulai menerapkan pelayanan berbasis online, disatu sisi pandemi ini memaksa semua orang untuk bertahan juga bersikap harus mau dan bisa menghadapi keadaan, disisi lain juga membawa hal yang positif bagi mereka yang kreatif.

Penggunaan Gadget dan perangkat IT lainnya mendorong orang menjadi kreatif, selain digunakan untuk pelayanan administrasi di kantor desa, banyak juga yang mulai memanfaatkannya menjadi sesuatu yang menghasilkan, awalnya hanya membuat berita untuk kebutuhan informasi desa yang di publikasi melalui website desa, dibagikan ke media sosial lainnya, agar masyarakat dengan mudah mendapatkan berbagai pemberitahuan atau informasi yang ada.

Kegiatan ini mulai berkembang menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi perangkat desa, mereka mulai mengubah cara publikasi, mulanya hanya mengambil photo kegiatan pak kades, kemudian membuat beritanya dan unggah di website, para kreator desa ini mulai mengubahnya menjadi video, cuplikan-cuplikan aktifitas dan hal-hal yang menarik lainnya, dikemas dalam sebuah video pendek yang berdurasi 3 sampai dengan 5 menit, dikemas dengan berbagai cara, ada yang serius, adanya yang lucu.

Para kreator desa ini juga mulai membuat berbagai video potensi desanya, mulai dari wisata hingga hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya dikemas menjadi sebuah konten yang menarik di channel youtube desa. seiring waktu channel tersebut berkembang dengan semakin banyaknya orang yang menonton, me-like dan subscribe dan akhirnya channel youtube desa tersebut berhasil monetisasi dan mendapatkan uang dari channel youtubenya, tentu hal ini menjadi menarik bahkan bisa jadi sebagai Penghasilan dan Pendapatan bagi Desa dari sumber yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, seperti apa dan bagaimana kemungkinannya, kita simak video berikut ya.