Select Page

KJ – Tata kelola Pemerintahan Desa di era digital dan pandemic seperti ini, mendorong Pemerintahan Desa untuk mau tidak mau harus mengupdate dirinya dalam berbagai hal, apalagi dimasa pandemic semua aktifitas fisik dibatasi, lantas bagaimana Pemerintah Desa bisa terus memberikan pelayanan kepada warganya. Digital menjadi jalan terakhir yang harus ditempuh, tetapi dalam penerapan pelayanan berbasis digital ini banyak sekali persoalan baru yang akhirnya harus dihadapi oleh Desa.

Persoalan SDM, infrastruktur IT, sinyal dan banyak lainnya, tapi Desa tidak boleh menyerah, Desa harus siap, harus terus mengupdate dirinya dan terus memberikan layanan kepada warganya. Bicara tentang layanan administrasi desa yang biasanya dilakukan secara manual, bisa di migrasi menjadi online, dengan infrastruktur IT yang minim, dengan skil yang minim dan biaya yang minim juga.

Ada sebuah Sistem Informasi Desa yang bisa digunakan oleh Pemerintahan Desa, sistem ini sangat baik dan mengakomodir berbagai layanan administrasi di desa, isi dari sistemnya sangat sesuai dengan Buku Administrasi Pemerintahan, memuat data kependudukan, memiliki peta digital, mudah digunakan dan yang cukup mencengangkan sistem ini “Gratis”.